PENGARUH FILM PADA PRKEMBANGAN BAHASA ANAK
Bahasa memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Selain
sebagai medium untuk melakukan tindakan, bahasa juga berfungsi sebagai cerminan
budaya penuturnya.
Pemerolehan bahasa pada anak usia 1 – 3 tahun merupakan proses yang bersifat fisik dan psikhis. Secara fisik, kemampuan anak dalam memproduksi kata-kata ditandai oleh perkembangan bibir, lidah, dan gigi mereka yang sedang tumbuh. Pada tahap tertentu pemerolehan bahasa (kemampuan mengucapkan dan memahami arti kata juga tidak lepas dari kemampuan mendengarkan, melihat, dan mengartikan simbol-simbol bunyi dengan kematangan otaknya. Sedangkan secara psikhis, kemampuan memproduksi kata-kata dan variasi ucapan sangat ditentukan oleh situasi emosional anak saat berlatih mengucapkan kata-kata. Anak-anak yang mendapatkan bimbingan dan dorongan moral yang sangat kuat akan memperoleh kata-kata yang banyak dan bervariasi dibandingkan anak-anak lainnya.
Pemerolehan bahasa pada anak usia 1 – 3 tahun merupakan proses yang bersifat fisik dan psikhis. Secara fisik, kemampuan anak dalam memproduksi kata-kata ditandai oleh perkembangan bibir, lidah, dan gigi mereka yang sedang tumbuh. Pada tahap tertentu pemerolehan bahasa (kemampuan mengucapkan dan memahami arti kata juga tidak lepas dari kemampuan mendengarkan, melihat, dan mengartikan simbol-simbol bunyi dengan kematangan otaknya. Sedangkan secara psikhis, kemampuan memproduksi kata-kata dan variasi ucapan sangat ditentukan oleh situasi emosional anak saat berlatih mengucapkan kata-kata. Anak-anak yang mendapatkan bimbingan dan dorongan moral yang sangat kuat akan memperoleh kata-kata yang banyak dan bervariasi dibandingkan anak-anak lainnya.
Pada zaman serba canggih seperti sekarang, Sejak bangun hingga menjelang
tidur,anak-anak dihadapkan pada televisi
yang menyajikan beragam acara, mulai dari film kartun, kuis, hingga sinetron
yang acapkali bukan tontonan yang pas untuk anak. Untuk anak usia dini
seperti 1-3 tahun, mungkin lebih banyak
menonton film kartun. Anak pada usia ini
sedang dalam proses untuk dapat berbahasa dengan baik, bila dilihata dari
perkembangan bahasa anak usia1-3 tahun secara fisik untuk memperoleh bahasa
harus adanya proses mendengar, melihat dan mengartikan simbol-simbol bunyi
seberapa berpengaruhkan film yang ditonton anak berpengaruh pada perkembangan
bahasanya.
A.
PENGERTIAN
BAHASA
Bahasa
adalah bunyi yang dihasilkan alat ucap manusia, bukan bunyi yang sihasilkan
alat lain. Bahasa berasal dari udara yang dikeluarkan paru-paru menggetarkan
pita suara di kerongongan dan kemudian terujar lewat mulut, bahasa memiliki
fungsi utama yaitu sebagai alat komunikasi bagi manusia. ( Yunus Abidin, 2010:
1)
B.
PERKEMBANGAN
BAHASA PADA ANAK
Pemerolehan
bahasa pada anak usia 1 – 3 tahun merupakan proses yang bersifat fisik dan
psikhis. Perkembangan bahasa pada anak dapat dimulai dari masih dalam
kandungan. Anak adalah pebelajar yang konstruktif. Anak mempelajari bahasa dan
konsep –konsep penting tanpa melalui pengajaran yang terencana secara khusus.
Setiap anak memiliki perkembangan bahasa lisan yang berbeda-beda karena muatan
informasi yang dapat dikumpulkan anak tidak hanya tergantung pada banyaknya dan
jenis penglihatan dan pendengaran yang mereka miliki. Namun juga pada cara
mereka belajar menggunakan penglihatan dan pendengaran itu. Masing-masing anak
belajar memanfaatkan informasi sensorik yang tersedia dengan caranya sendiri.
Beberapa anak berinteraksi dengan dunianya terutama dengan sentuhannya;
sementara yang lain mungkin lebih bergantung pada penglihatan dan
pendengarannya. Bagi kebanyakan anak, kombinasi dari kesemuanya itu akan paling
bermanfaat. Bagi anak lainnya, menggunakan pendengaran, penglihatan, dan
sentuhan pada saat yang bersamaan terasa membingungkan dan, dalam situasi yang
berbeda, mereka mungkin memilih untuk menggantungkan terutama pada satu indera.
C.
FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK
Secara rinci dapat diidentifikasi
sejumlah faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa,yaitu:
1. Tinggi rendahnya kemampuan kognisi (proses memperoleh
pengetahuan)
Tinggi rendahnya kemampuan kognisi
individu akan mempengaruhi cepat lambatnya perkembangan bahasa individu. Ini
relevan dengan pembahasan sebelumnya bahwa terdapat korelasi yang signifikan
antara pikiran dengan bahasa seseorang.
2. Pola komunikasi dalam
keluarga
Pola Komunikasi Dalam KeluargaDalam suatu
keluarga yang pola komunikasinya banyak arah akan mempercepat perkembangan
bahasa keluarganya.
3.
Jumlah Anak atau Keluarga
Suatu keluarga yang memiliki banyak
anggota keluarga, perkembangan bahasa anak lebih cepat, karena terjadi
komunikasi yang bervariasi dibandingkan dengan yang hanya memiliki anak tunggal
dan tidak ada anggota lain selain keluarga inti.
4.
Kedwibahasaan
Anak yang dibesarkan dalam keluarga yang menggunakan bahasa lebih dari satu atau lebih bagus dan lebih cepat perkembangan bahasanya ketimbang yang hanya menggunakan satu bahasa saja karena anak terbiasa menggunakan bahasa secara bervariasi. Misalnya, di dalam rumah dia menggunakan bahasa sunda dan di luar rumah dia menggunakan bahasa Indonesia. Dalam bukunya “Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja” Syamsu Yusuf mengatakan bahwa perkembangan bahasa dipengaruhi oleh 5 faktor, yaitu: faktor kesehatan, intelegensi, statsus sosial ekonomi, jeniskelamin dan karakteristik perkembangan bahasa remaja sesungguhnya didukung oleh perkembangan hubungan keluarga.
Anak yang dibesarkan dalam keluarga yang menggunakan bahasa lebih dari satu atau lebih bagus dan lebih cepat perkembangan bahasanya ketimbang yang hanya menggunakan satu bahasa saja karena anak terbiasa menggunakan bahasa secara bervariasi. Misalnya, di dalam rumah dia menggunakan bahasa sunda dan di luar rumah dia menggunakan bahasa Indonesia. Dalam bukunya “Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja” Syamsu Yusuf mengatakan bahwa perkembangan bahasa dipengaruhi oleh 5 faktor, yaitu: faktor kesehatan, intelegensi, statsus sosial ekonomi, jeniskelamin dan karakteristik perkembangan bahasa remaja sesungguhnya didukung oleh perkembangan hubungan keluarga.
kognitif yang menurut Jean
Piaget telah mencapai tahap operasional formal. Sejalan dengan perkembangan
kognitifnya, remaja mulai mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip berpikir formal
atau berpikir ilmiah secara baik pada setiap situasi dan telah mengalami
peningkatan kemampuan dalam menyusun pola hubungan secara komperhensif,
membandingkan secara kritis antara fakta dan asumsi dengan mengurangi
penggunaan symbol-simbol dan terminologi konkret dalam mengomunikasikannya.
PEMBAHASAN
A.
HASIL
PENELITIAN
Biodata anak
Nama
:
Qiran Reza Aditya
Umur :
2 tahun, 10 bulan
Tempat,
tanggal lahir :
Garut, 20 Maret 2008
Film
kesukaan :
Spongebob dan upin ipin
Dari
penelitian yang dilakukan pada seorang anak yang berusia tiga tahun, adanya
pengaruh film kartun yang biasa dilihatnya pada bahasa yang digunakan, dia
sering mengucapkan apa yang diucapkan oleh tokoh pada film tersebut, dia juga
bisa mengetahui karakter tokoh yang ada di film tersebut. Film yang digunakan
saat penelitian adalah film kartun spongebob,dia bisa menirukan beberapa bahasa
dan gaya spongebob yang membuktikan adanya pengaruh perkembangan bahasa pada
anak dalam film.
B.
PEMBAHASAN
Perkembangan
bahasa pada anak diperoleh melalui faktor fisik, maupun psikis. Dapat dilihat
dari fisik, seorang anak bayi yang awalnya hanya bisa menangis setelah ia
balita mulai bisa berata-kata. Kemudian secara psikis dilihat dari perolehan
pengetahuan yang dia dapatkan.
Selain
dari hal yang diuraikan diatas, adapula faktor-faktor yang dapat berpengaruh
besar pada perkembangan bahasa anak, misalnya dari segi kognisi (pengetahuan
yang diperoleh). Lewat media televisi, atau film yang dilihat oleh anak
merupakan salah satu media pengetahuan, dimana ketika menonton televisi anak
akan memperoleh bahasa baru dari apa yang dilihat dan diucapakan oleh tokoh
film yang dia lihat, ini juga merupakan pembeda perkembangan pada setiap anak,
karena pengaruh informasi yang didapat baik melalui pendengaran maupun penglihatan.
Film sangatlah berpengaruh besar pada perkembang bahasa anak,
terutama pada anak usia 1-4 tahun dimana
mereka sedang belajar memperoleh bahasa baru, karena dalam film anak bisa
mendengar dan bisa melihat, sehingga mempernudah anak untuk menangkap bahasa
yang ada dalam film.
KESIMPULAN
Bahasa adalah suatu sarana komunikasi antara manusia, bahkan
anakpun memiliki bahasa utuk berkomunikasi dengan orangtuanya. Perkembangan
bahasa anak dimulai sejak dalam kandungan, perkembangan bahasa anakpun terus berkembang
sesuai dengan fsikis dan fisik anak. Secara fisik anak mulai bisa berkata
dengan baik, dari memproduksi kata-kata, sedangkan secara psikis dilihat dari
perkembangan akal anak dari pengetahuan baik dari pengdengaran maupun
penglihatan yang ia dapatkan sehingga dapat berkata dengan baik.
Perkembangan bahasa anakpun sangat terpengaruh oleh kognisi anak (proses
memperoleh pengetahuan ), kognisi bisa didapat dri cara mendengar dan meilhat
sesuatu sehingga memperoleh informasai. Film adalah salah satu media yang
berpengaruh pada bahasa anak, karena film bisa memnerikan informasi lewat
pendengaran maupun penglihatan, sehingga memudahkan anak untuk memperoleh
bahasa baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar